Selasa, 31 Juli 2018

Info Tentang Kegunanan Hijauan Untuk Pakan Ternak


Hijauan adalah sumber makanan ternak terpenting untuk ternak ruminansia. Tidak hanya keperluan pokok untuk perkembangan serta sumber tenaga, hijauan juga komponen pendukung produksi serta reproduksi ternak. Type hijauan seperti rumput ataupun kacang-kacangan (leguminosa) berbentuk fresh atau kering harus ada dalam jumlahnya cukuplah selama tahun. Ketersediaannya terpenting karena keperluan pakan hijauan buat ternak ruminansia terpenting sapi sampai 70% dari keseluruhan pakan. Hijauan yang dikasihkan untuk ternak butuh penuhi beberapa persyaratan, disenangi (palatable), ringan diolah, nilai gizi tinggi serta bisa selekasnya berproduksi kembali sesudah dipanen. Hijauan pakan ternak dibagi dalam dua sisi yakni bangsa rumput-rumputan serta leguminosa (semak serta pohon). 

Keperluan hijauan akan makin banyak sama dengan menambahnya jumlahnya populasi sapi yang dipunyai. Masalah utama penyediaan hijauan pakan untuk ternak merupakan ketersediaan yang tidak masih selama tahun. Ketika musim penghujan, produksi hijauan makanan ternak akan melimpah, demikian sebaliknya ketika musim kemarau tingkat produksinya akan rendah, atau bahkan juga tidak berproduksi benar-benar. 
Lihat masalah musim ini, program Biovillage membuat jenis kebun budidaya koleksi hijauan pakan ternak yang berada di lokasi Pusat Riset Bioteknologi-LIPI. Jenis budidaya hijauan pakan ternak ini dikelola serta dibikin dengan jenis penyusunan yang begitu baik hingga produksi hijauan masih terbangun meskipun dalam musim kemarau. Beberapa faktor yang perlu dilihat untuk mendapat hijauan yang mempunyai kualitas serta produktivitas tinggi meliputi penentuan tempat, pemetaan lokasi, pengelolaan tanah, penentuan bibit, penanaman, pemupukan, pemeliharaan, panen serta usaha–usaha untuk menjaga serta tingkatkan kualitas pascapanen sampai hijauan dikonsumsi ternak. Beberapa faktor utama itu begitu dilihat pada pembuatan jenis kebun koleksi hijauan pakan ternak program Biovillage. 

Kebun koleksi hijauan pakan ternak ini mempunyai bermacam–macam koleksi hijauan unggul baik dari type rumput ataupun leguminosa. Di antara type rumput yang dibudidayakan merupakan rumput gajah, rumput benggala, rumput signal dan lain-lain sedang type leguminosa terbagi dalam kacang arachis, koro pedang dan lain-lain. Jenis kebun koleksi hijauan pakan ternak program Biovillage diinginkan bisa jadi referensi buat peternak yang ingin tingkatkan kualitas pakan hijauan untuk membuahkan sapi kualitas unggul. (esti/humas)

Sumber : http://www.biotek.lipi.go.id/index.php/kluster-biovillage/klaster-pakan-dan-susu/pakan/1778-hijauan-pakan-ternak-pendukung-sapi-unggul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar